Membahas, dan Mereview Seluruh Film

Thursday, January 4, 2018

Pembahasan One Piece Chapter 890

Pembahasan One Piece Chapter 890

Sumber : deviantart.com
Hai Guys... kayanya udah lama banget ga update tentang Pembahasan / Review Manga One Piece, ya karena kesibukan di dunia nyata, jadi ga usah  banyak basa-basi lagi, langsung aja kita mulai Pembahasan nya..

BIG MOM DI DECK

Selamat malam para pecinta One Piece di seluruh Indonesia, bagaimana dengan liburan kalian semua di penghujung tahun 2017 dan malam pergantian tahun 2018 ini, semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Sembari menikmati liburan kalian di awal tahun ini saya akan menemani sedikit waktu kalian dengan review chapter 890 ini, langsung saja kita mulai .
1. Chapter sebelumnya:
Melihat Chapter 889 kita telah disajikan pergerakan Bigmam dalam mode tempur ala Zeus, Prometheus dan Napolleon yang tepat mendarat di dek kapal Sunny. Bigmam mengambil keputusan menyerang langsung karena kecepatan siput candy ala Peros tidak bisa mengejar Sunny yang di nahkodai oleh kesatria laut Jimbe. Sepertinya Oda tidak mengalihkan scene ini ke tempat lainya seperti pertarungan Luffy atau kue Sanji yang di lokasi terpisah. Sedikit jawaban dari pertanyaan review kemarin yang didapat pada chapter kali ini salah satunya yaitu kondisi Sunny saat penyerangan Bigmam.
2. Cover berwarna ala zodiak Tionghoa
Cover kali ini spesial menyambut tahun baru 2018 sang kreator membuat cover berwarna dengan tema “the twelve beast of the zodiac” 12 hewan yang menjadi icon penanggalan Tionghoa yang diwakili oleh 12 karakter One Piece. Saya tidak akan membahas tentang masing masing karakter yang diwakilkan pada gambar ini, tetapi saya lebih tertarik dengan kata-kata yang terdapat pada sisi kiri cover ini. Terdapat tulisan seperti ini “The Ultimate Climax of Whole Cake Island”, adanya kata-kata tersebut apakah akan mewakili cerita, dimana arc Whole Cake ini telah mencapai puncaknya dan akan segera berakhir.... itulah yang menjadi pertanyaan dan prediksi banyak orang, karena semua orang sudah tidak sabar akan hadirnya arc Wano yang sangat sensasional..
3. Sunny Go yang luar biasa
Setelah beberapa arc terlewati sejak Sunny dibangun di Water Seven, maka scene kali ini merupakan tantangan terberat bagi Sunny. Sunny biasanya hanya menunggu di suatu tempat tersembunyi atau sudut pulau teraman untuk bersandar menunggu Luffy dkk berpetualang. Berbeda pada keadaan saat ini, Sunny mengambil peran tersendiri pada arc WCI ini, semua orang sudang mengerti bagaimana kokohnya kapal terbaik hasil karya dua tukang kapal terbaik iceburg dan Franky ini. Beberapa masalah dilewati Sunny di lautan salah satu Yonkou ini. Dihempas ombak sunami, serangan permen peros, ledakan boom pedro, kepungan 2 armada besar Bigmam dan yang terakhir ini serangan secara langsung oleh Bigmam menjadi bukti betapa kuatnya Sunny. Sunny pun tetap kokoh berlayar dibawah kemudi Jimbe.
Akan tetapi bagaimanapun juga Sunny adalah sebuah kapal, serangan demi serangan yang diterimanya membuat kondisi sunny dalam keadaan berbahaya. Apalagi serangan Bigmam, karena dengan kekuatanya yang luar biasa, mudah saja bagi Bigmam mengoyak kapal menggunakan tangan dan pedang napolleonnya. Masalah ini bisa diperparah dengan tidak adanya sang tukang kapal SHP (franky) untuk segera menangani dan memperbaikinya.
4. Percakapan gila Bigmam n Jimbe
Setelah beberapa chapter terlewati Bigmam yang dalam berada dalam kondisi kacau karena kelaparan, nampaknya masih bisa diajak bicara. Keadaan langka ini terjadi pada pada Bigmam pada saat ia berada diatas kapal Sunny. Bigmam masih bisa mengingat kata-kata Peros saat membahas kue pernikahan yang ada di kapal Sunny, kata-katanya seperti ini, “jangan konyol, itu tidak mungkin sebab putraku bilang kalau kuenya ada disini, kalau ternyata memang tidak ada berarti aku harus merenggut nyawa putri tertuaku sendiri dengan kedua tanganku”. Kondisi ini mengisaratkan kita bahwa tidak sepenuhnya Bigmam kalap dengan kondisinya, ternyata masih ada sedikit kesadaranya pada saat itu.
Pada scene ini kita juga diperlihatkan teknik serangan baru Bigmam yaitu “Cognac” sebuah tebasan pedang Napolleon yang dilapisi api Prometheus. Cognag sendiri menurut kata aslinya adalah sebuah merk minuman brendi (saripati buah anggur) yang diproduksi di kawasan sekitar kota Cognac di nagara Prancis (wikipedia) jadi Cognac adalah nama sebuah kota yang diambil menjadi merk sebuah minuman. Serangan Cognac ini mampu ditahan oleh Jimbe sementara waktu sebelum ia terluka dan terpental ke laut dan merusak dinding kapal Sunny.
5. Carrot dan perlawanan para kru SHP
Setelah merasa lelah menggunakan mode sulong dan cepat terselamatkan dengan pertolongan brook, carrot terlihat tidur dengan topi menutupi matanya di dalam kapal Sunny. Chapter kali ini membuat kita semua mengingat kembali sebuah kolaborasi kru SHP dalam melawan musuh, kita mengingat dulu bagaimana kekompakan para kru dalam mengatasi masalah besar yang dihadapai dimulai pada Arc Triler Bark, semua kru terlibat pertarungan sengit untuk menjatuhkan zombie raksasa milik Moria. Kekompakan mereka harus kembali diuji dengan kedatangan Pacivista di pulau Shabaondy, alhasil mereka dapat mengatasi malasah yang datang dengan kerjasama.
Tak disangka kekompakan ini kembali muncul pada kru SHP pada saat berhadapan dengan Seorang Yonkou. Walau hanya separuh kru yang ada di sana, dapat terbukti bahwa mereka dapat melakukan sesuatu, inilah yang sebernarnya diinginkan sang kapten untuk para kru nya. Semoga saja hal ini dapat terulang lagi pada saat melawan Kaido.
6. Jimbe dan Kontribusi besarnya
Siapa sangka sejak awal kemunculanya di Impeldown sebagai tahanan, Jimbe menjadi seorang karakter yang memiliki kontribusi besar bagi Luffy. Sudah tak terhitung banyaknya jasa yang diber ikan Jimbe, tak terkecuali pada Arc Whole Cake Island ini. Memproklamirkan diri untuk keluar dari aliansi Bigmam, menyelamatkan Luffy dan Nami dari penjara buku Mont de Orr, merencanakan aliansi bersama Bege, menghalau serangan katakuri kepada Luffy dan menahkodai kapal Sunny melewati ombak tsunami Bigmam. Semua hal yang telah dilakukan Jimbe pada SHP sudah cukup untuk mewakili peranya jika bergabung menjadi kru SHP.
Jimbe kembali mengambil peran besar pada saat Bigmam melakukan serangan langsung ke kapal Sunny, dengan kemampuanya Jimbe mampu membuat bigmam terpental keluar dari Sunny. Walaupun Jimbe harus menggunakan serangan terkuatnya, hal itu sudah cukup untuk mengeluarkan tubuh Bigmam dari kapal demi meminimalisir kerusakan yang terjadi pada Sunny.
7. Soul king Brook Action
Tak perlu diragukan lagi peran tengkorak hidup ini pada arc Whole Cake Island, Brook selalu membuat masalah besar kepada Bigmam sejak kedatanganya, pada chapter kali ini dia mencoba membuat serangan pada awan Zeus yang sedang ditunggangi bigmam. Kita juga ketahui bersama bahwa pada saat pertemuan pertama Bigmam dan Brook, Zeus menerima luka pada wajah awanya yang dijelaskan akibat ulah Brook. Pada kesempatan kedua ini Brook bekerjasama dengan Nami untuk menaklukan Zeus, kemungkinan besar Brook telah mengetahui kelemahan Zeus, sehingga Brook dan Nami mampu mengalahkanya.
Bagaimana zeus bisa berubah menjadi kecil dan berada di tangan Nami dengan raut wajah yang menyedihkan.hhee mari kita bahas.
A. Pada saat bigmam memanggil Zeus dan Prometheus dan mengendarainya, zeus berada pada posisi awan berwarna putih (mode normal)
B. Ketika Bigmam berada diatas kapal Sunny dan melompat dari pijakan awan, Zeus telah berubah warna menjadi hitam (mode serangan) ada kemungkinan ikatan awan hitam dan awan putih di tubuhnya. Bisa Zeus sendiri yang berevolusi atau mengikat awan disekitarnya.
C. Pada saat mode hitam maka muatan listrik pada tubuh awan Zeus sudah siap untuk digunakan sesuka hati, dapat langsung menyerang Brook dengan petirnya.
Pada saat Brook membelahnya terlihat Nami memancing energi listrik dalam tubuhnya dengan menggunakan bola-bola hitam positif (nami ahli cuaca) untuk menyerang tubuh Bigmam yang berada di atasnya. Karena terlihat pada belahan awan Zeus mengeluarkan percikan menyalur dari bola bola positif.
D. Setelah energi listriknya terkuras habis maka terlepaslah awan putih Zeus yang lemah dan berukuran kecil untuk ditangkap oleh Brook. Terlepas bagaimana brook bisa menangkapnya untuk diberikan pada Nami.

Baca Juga :


Kemungkinan seperti itulah proses penangkapan Zeus yang dilakukan Brook dan Nami yang bisa kupahami dari kejadian-kejadian pada chapter sebelumnya.
Analisa selanjutnya tentang petir yang menyambar tubuh Brook yang dikira adalah Nami. Diluar dugaan serangan petir Zeus yang sangat kuat itu tidak berpengaruh pada tubuh Brook. Mari kita bahas bersama “....
A. Kejadian tersambar petir seperti ini mengingatkan kita semua pada arc Skypia, terutama pada God Enel yang menyerang Luffy dengan 1jt volt namun tak berpengaruh sama sekali pada tubuh Luffy. Alasan sederhana dibangun pada realita di dunia nyata oleh Oda, karena karet secara alamiah merupakan isolator (Benda yang tidak dapat dialiri/menyalurkan listrik). Tubuh Luffy yang telah memakan buah iblis gomu gomu membuat seluruh organ tubuhnya menjadi karet.
B. Brook adalah tengkorak manusia utuh yang dibangkitkan dengan jiwa/roh dari buah iblis miliknya yang sangat unik. Pada chapter kali ini diberikan informasi bahwa brok tidak terpengaruh oleh serangan petir karena seluruh tubuhnya hanya tulang belaka. Zeus terkejut karena kemungkinan kalau orang biasa yang menerimanya pasti langsung terpapar dan gosong.
C. Tubuh manusia merupakan konduktor yang baik, karena sebagian besar kandungan dalam tubuh manusia adalah air. Pada tubuh manusia normal energi listrik akan sangat mudah tersalurkan, bagaimana dengan Brook yang bukan manusia normal??
Seluruh tubuh Brook adalah tulang yang telah mati, tulang yang telah mati pastinya sudah tidak memiliki kandungan air didalamnya untuk menghantarkan listrik. Karena pada manusia normal, tulang memiliki kandungan air didalamnya seperti sumsum tulang, saraf dan pembuluh darah. Jadi kemungkinan struktur tulang pada tubuh Brook tidak memiliki kandungan air, tulangnya sudah kering karena sudah lama mati dan membusuk. Sebab inilah yang membuat aliran listrik atau petir tak berengaruh padanya.
Ending Chapter
Setelah melakukan beberapa upaya pertahanan dan penyelamatan akhirnya kru SHP berhasil mengembalikan jarak dari serangan Bigmam. Suasana ini yang harus dipertahankan mereka sembari menunggu kue sanji datang untuk mengamankan suasana.
NB:
1. Setelah penyerangan yang dilakukan bigmam pada Sunny, armada kapal Bavarios dan Siput permen Peros masih belum bisa mendekati Sunny (jarak tetap terjaga)
2. Ada scene yang memperlihatkan seluruh jari tangan bigmam menggunakan batu cincin.
3. Rambut bigmam dapat menyatu dengan api Prometheus dan karena serangan di laut terjadi pada malam hari cahaya rambut apinya sangat terang.
4. Pedang Napolleon dapat berubah ukuran dengan cepat sesuai keinginan Bigmam dan dialiri dengan api yang membara dari rambut bigmam.
5. Prometheus dapat kembali pulih dengan cepat setelah menerima serangan air laut dari Jimbe. Terlihat dia hanya bersin-bersin saja dan dapat langsung menyatu dengan rambut Bigmam.
6. Pertahanan haki milik jimbe terbbukti sangat kuat hingga mampu menahan “Cognac” terlihat dari ekspresi Peros.
7. Saat menebas Zeus dari bawah posisi Bigmam, kemungkinan Brook telah melihat celana dalamnya.hhaa
8. Pada saat tersengat listrik dari Zeus, Prometheus melepaskan diri dari tubuh bigmam keatas, dengan wajah panik. Apakah dia takut listrik. Wilayah laut di sekitarnya ikut silau akibat seangan listrik itu. Pada scene ini kemungkinan Brook menculik zeus.
9. Selain menyatu dengan rambut, Prometheus juga dapat menjadi kendaraan terbang bagi Bigmam.
10. Bavarios terlihat menggunakan penutup mata seperti milik Aokiji untuk menahan cahaya.
11. Karena serangan Bigmam, Sunny mengalami kerusakan pada dek atas ruang dek utama, layar utama joly roger dan sisi dinding kiri.
Kesimpulan dari chapter kali ini adalah:
“Sebesar apapun masalah seberat apapun tantangan akan terasa lebih mudah jikakita hadapi dan jalani bersama teman-teman kita”
“Saling mengisi kekurangan saling melengkapi adalah bentuk kekompakan sejati”
Demmikianlah revie chapter 890 ini saya berikan, karena chapter kali ini hanya membahas satu scene saja maka tak ada informasi lain mengenai perkembangan lokasi lain di Arc Whole Cake ini. Terimakasih kepada kalian semua yang telah membaca review saya kali ini.
Maaf jika Pembahasan ini sangat telat...

No comments:

Post a Comment