Membahas, dan Mereview Seluruh Film

Friday, October 27, 2017

Review Film Wind River : Ketika Clint "Hawk Eye" menjadi Cowboy

Bagi kalian pecinta film-film Marvel harusnya sudah tidak asing lagi dengan Jeremy Renner. Aktor satu ini sudah malang-melintang di dunia perfilman Hollywood. Kebanyakn film-film yang diperankannya sangat menonjolkan aspek maskulinitas seorang laki-laki. Tengok saja film dia berjudul Bourne Legacy. Aksi-aksinya sebagai Agent CIA, kecerdasan yang harus dimiliki oleh seorang Agent, ditambah Body Building yang sukses menurut saya, semua itu dalam satu film cukup menegaskan dirinya sebagai laki-laki tulen. Kekurangannya dalam film itu mungkin hanya karna karakter Jason Bourne yang sebelumnya diperankan oleh Matt Damon terlalu kuat, sehingga dia tidak bisa melepaskannya.
Contoh film yang sukses membantunya mengembangkan karakter dirinya sendiri tidak lain adalah film-film Avengers. Berperan sebagai Clint a.k.a Hawk Eye, dia sukses memerankan karakter tersebut dan meninggalkan impression yang kuat bagi penggemar. Dengan pembawaannya sebagai sosok yang dewasa pada film-film Avengers, tidak heran jika perannya dalam film-film tersebut bisa dibilang menjadi “Baby Sitter” bagi anggota Avengers lainnya. Masih ingat dengan scene Hawk Eye yang mencoba menenangkan Wanda Maximoff (Elisabeth Olsen) karena merasa kekacauan yang terjadi di Sokovia adalah berkat ulahnya Wanda ? Hawk eye ceramah “Hey look at me, it’s your fault, it’s everyone faults, who cares ?”, “it doesn’t matter what you did or what you were”. “but if you step out that door, you are an avenger”. Kalimat-kalimat itu bermakna dia adalah seorang Hero terlatih yang bijaksana dan dewasa. Berkat kalimat-kalimat itu pula akhirnya Wanda mau mengeluarkan kekuatan penuhnya. Meskipun Jeremy Renner bukan aktor utama yang utama banget seperti Captain America atau Iron Man, tapi perannya dalam kesatuan Avengers sangat diperhitungkan. Buktinya, di film Civil War, Captain America lebih memilih merekrut Hawk eye ketimbang coba mendekati Vision.
Sesuai dengan judul, saya tidak ingin me-review film-film Avengers sekarang. Justru saya ingin me-review film terbarunya bareng Elisabeth Olsen (saya belum tahu nih ada gosip apa antara mereka). Judul filmnya adalah Wind River, film keren 2017 besutan sutradara Taylor Sheridan. Film ini berkisah tentang kehidupan pemburu predator diwilayah Wyoming , negara bagian barat Amerika, yang mempunyai pengalaman kurang menyenangkan. Wind River sendiri adalah bagian dari Wyoming untuk reservasi orang-orang suku Indian Eastern Shoshone dan Arapaho. Daerah tersebut di kelilingi oleh pegunungan sehingga wilayahnya tertutupi salju tebal ditambah banyak predator bernama Koyote disana.
Cukup dengan setting, sekarang bagian terpenting. Karakter Jeremy Renner disana sangat membuat saya berdecak kagum. Kedewasaannya dalam mengatasi masalah dan pengalaman yang tidak menyenangkan itu, membuatnya mampu mengambil keputusan yang tepat. Meskipun sisi maskulinitasnya ngga pernah hilang, tapi sisi kedewasannya dalam film itu sangat menonjol. Dia bisa menenangkan temannya yang mengalami pengalaman serupa dengan pengalaman pribadinya. Dia juga bisa mengubah sifat Elisabeth Olsen sebagai Agent FBI yang “tidak tahu diri” menjadi Agent yang mampu bersikap bijak.
Menggunakan ending yang cukup sinematik, film ini jikapun dilihat dari sisi sinematografinya tetap juara. Ditambah jika kita mau menengok kenyataan sosial yang terjadi di Amerika, khususnya daerah tempat tinggal para suku Indian, saya rasa film ini menyuguhkan realitas yang benar-benar real. Realitas penduduk Native yang terpinggirkan sangat terasa kental dalam film ini. Jika di satukan plot-plot tersebut, maka penonton akan sedikit mengerti sisi lain dari negara adikuasa Amerika Serikat.
Menurut saya, film ini merupakan salah satu film terbaik dan berkualitas. Dengan plot cerita cukup ringan tapi tetap dapat memberikan pelajaran penting bagi penonton, tidak heran jika IMDB memberikannya skor 7.9. One of the most recomended new movies untuk kalian tonton sambil nyemil. Di jamin, ngga akan bisa berhenti nonton deh, apalagi kalo sudah sampai bagian sepertiga awal film itu. So, jangan lupa nonton ya.
Dan satu lagi, kalo ngga salah, rumornya Hawk Eye dalam film Avengers Infinity War bakalan berkonsep Ronin loh.

No comments:

Post a Comment